Articles » General » Sekilas Mengenai Router dan FREESCO
Sekilas Mengenai Router dan FREESCO
Posted on 2005-02-11 02:29:45 - #Hits : 3037

Definisi Router
Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada Layer 3 (layer network) model OSI. Karena bekerja pada layer network, maka router mempunyai kemampuan dalam meneruskan paket informasi berdasarkan alamat grup suatu kelas jaringan. Router dapat pula bertindak sebagai penghubung antar dua perangkat yang bekerja pada layer 2 model OSI seperti Ethernet, Token-ring dan FDDI.

Router berfungsi untuk menyeleksi paket informasi yang masuk, memilih jalur terbaik dan kemudian meneruskan paket tersebut melalui port keluaran. Router merupakan perangkat regulator trafik / lintas informasi yang sangat penting dalam suatu jaringan berskala luas dimana memungkinkan komunikasi antar komputer tanpa memandang letak geografis. Secara singkat dan mudah, router berfungsi sebagai penghubung antar dua bagian / segmen jaringan. Untuk lebih jelasnya dapat disimak pada gambar 1.

network link
Gambar 1. Contoh implementasi router.

Pada kasus di atas, jika jaringan tersebut tidak dihubungkan dengan router, ketika pengguna dari network A dengan alamat IP 192.168.10.1 melakukan perintah ping ke network B dengan alamat IP 192.168.20.1, maka hasilnya adalah "request time out" karena tidak ada jalur penghubung antara keduanya. Nah agar keduanya dapat saling berkomunikasi, maka dipasanglah router. Pada network A, misalkan router diberikan konfigurasi alamat IP 192.168.10.2, maka network A harus melalui alamat IP 192.168.10.2 sebagai jalan keluar agar dapat berkomunikasi dengan network B. Jalan keluar tersebut sering juga disebut dengan gateway. Demikian pula konfigurasi untuk network yang lain.
Klasifikasi Router
Berdasarkan tujuan paket informasi yang ditangani, router dapat dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Menghubungkan segmen IP luar ke IP luar
    Alur paket informasi dapat digambarkan seperti gambar berikut.

    outside to outside
    Gambar 2. Alur paket informasi dari IP luar ke IP luar.

    Pada konfigurasi ini, router sekaligus berfungsi sebagai gateway pada network kecil agar dapat berkomunikasi dengan network besar.
  2. Menghubungkan segmen IP luar ke IP dalamr
    inside to outside
    Gambar 3. Alur paket informasi dari IP luar ke IP dalam.

    Router jenis ini sering pula disebut dengan masquerade. Pada konfigurasi ini, umumnya masih dibagi lagi menjadi dua, yaitu:
    1. Network dalam terhubung ke network luar dengan menggunakan IP statik (lewat LAN, biasanya di kantor besar / universitas)
    2. Network dalam terhubung ke network luar dengan menggunakan IP dinamik (lewat modem, biasanya warnet / rumah ke provider)
Berdasarkan perangkatnya, router dapat dibagi menjadi dua, yaitu:
  1. Router hardware
    Router jenis ini terdiri dari rangkaian chip / IC yang terintegrasi untuk menyeleksi paket informasi yang masuk melalui port masukan (dapat berupa 10BASE-T, AUI, Serial, dan sebagainya) dan mengeluarkan hasilnya ke port keluaran. Router hardware umumnya identik dengan CISCO, walaupun terdapat beberapa perusahaan lain yang membuat hardware router, antara lain 3COM, Accend, Nortel, dan sebagainya. Router jenis ini harganya cukup mahal.

    hardware router
    Gambar 4. Router hardware.
  2. Router software
    Router hardware memang menawarkan kinerja dan stabilitas yang sangat baik. Namun sayang harga yang cukup mahal dan penggunaan teknologi / format yang tertutup (proprietary) membuat pengguna menemui kesulitan dalam memperbaiki atau memodifikasi konfigurasi agar sesuai dengan kebutuhan yang ada.

    Untuk itulah dibuat router software sebagai alternatif mengingat investasi yang dikeluarkan untuk router jenis ini terbilang relatif murah, bahkan terdapat versi untuk sistem operasi Linux yang cukup kecil, termuat dalam satu disket saja. Prinsip kerja router software adalah melakukan emulasi router hardware dengan menggunakan kartu jaringan sebagai media penghubung antar segmen jaringan.

    software router
    Gambar 5. Tampilan menu utama router software FREESCO.
Router Software FREESCO
Pada sistem operasi Linux, terdapat sebuah proyek open source untuk membuat router software yang bebas, murah dan stabil, antara lain Linux Router Projects (LRP), FREESCO (FREE ciSCO), dan sebagainya.

Awalnya FREESCO dibuat oleh Serge V. Storozhebykh pada tahun 1999 - 2000. Selanjutnya pengembangannya dilakukan bersama oleh Lewis Baughman dan Serge V. Storozhebykh. Hingga makalah ini ditulis, FREESCO telah mencapai versi 0.3.0-stable. FREESCO menggunakan distribusi linux mini dan modul router software yang ukurannya cukup ringkas sehingga muat dalam satu disket saja. Walaupun kecil ukurannya, karena menggunakan sistem operasi Linux, maka stabilitas dan kinerjanya tidak dapat diragukan. Apalagi dengan dukungan komunitas open source, sehingga solusi terhadap suatu kesalahan program dapat ditemukan dalam waktu yang relatif singkat.

Kebutuhan hardware pun sangat ringkas, cukup PC 'kuno' dengan processor 486, memori 8MB, Floppy Disk Drive 1.44MB, dan ethernet card sudah memenuhi. Hal ini tentunya merupakan nilai tambah bagi penggunaan PC 'kuno'. Tambahan harddisk dan modem memungkinkan digunakannya fitur - fitur tambahan yang disediakan oleh FREESCO.

Selain sebagai router murni, FREESCO dapat pula berfungsi sebagai DHCP server, HTTP server, dan sebagainya. Berikut beberapa fitur yang dapat digunakan dengan FREESCO:
  • Bridge sederhana dengan hingga 3 segmen ethernet
  • Router dengan hingga 3 segmen ethernet
  • Router untuk kebutuhan dialup line
  • Router untuk kebutuhan leased line
  • Dial-in server hingga 2 modem
  • Time server
  • DHCP server
  • HTTP server
  • Print server
  • Telnet server
  • Firewall
  • Network Address Translation (NAT)


Instalasi FREESCO relatif mudah dan cepat, sekitar 10 menit. Pengetahuan mengenai sistem operasi Linux, konsep TCP/IP dan pengalamatannya (addressing), subnet, konsep mengenai jaringan dan pengenalan terhadap perangkat jaringan seperti modem dan ethernet card mutlak diperlukan.

Pengaturan konfigurasi FREESCO cukup mudah dengan panduan yang disertakan. Walaupun berbasis teks (Command Line Interface - CLI), namun pengaturan menu telah ditata sedemikian rapi agar pemula pun dapat melakukan instalasi dengan mudah. Sekiranya menemui hambatan atau permasalahan dalam penggunaan FREESCO, telah disediakan forum diskusi untuk dimanfaatkan sehingga sesama pengguna FREESCO dapat saling bertukar informasi dan solusi.
Pustaka
  • Cisco Certified Network Associate (CCNA) Curriculum Semester 1 v.2.1.2, Cisco System Inc
  • Cara Setting Jaringan, InfoLinux
  • FREESCO, a router for networks with static routing, www.freesco.org

back
top
Best viewed with XHTML1 and CSS2 compliant browser @ 1024x768x32 Misc. Info
Copyright © 2003 - 2005, Bayu Prasetio.