Home » General Blog » Donate Folding@Home
Donate Folding@Home
Posted on 2005-07-13 07:15:20 - #Hits : 264

Folding@Home, Apa pula itu..?? Mengapa disebut sebagai misi kemanusiaan..? Yup, Folding@Home (dibaca Folding at Home), adalah upaya membongkar rahasia DNA (Deoxyribo Nucleud Acid) manusia. DNA atau asam nukleat merupakan substansi yang sungguh amat penting karena memuat informasi mengenai sifat keturunan dan sintesis protein (asam amino). Keterangan lebih lengkap mengenai asam amino dapat Anda simak pada situs Adik saya di http://sbawono.tripod.com.

Namun untuk menggali rahasianya dibutuhkan usaha dan sumber daya yang besar. Struktur asam ini sungguh rumit sehingga super komputerpun masih belum mampu menghitungnya. Nah kemudian terdapat gagasan dari stanford university untuk membagi pekerjaan ini ke komputer lain, yaitu dengan jalan meminjam sumber daya komputer lain untuk melakukan perhitungan yang diinginkan, so dijalankanlah Distributed Computing. Tugas ini dinamakan Folding@Home.

Nah, donasi kita dalam peminjaman sumber daya ternyata dihargai oleh Stanford University, mereka mengeluarkan daftar donatur dan besarnya donasi berupa banyaknya skor yang dihasilkan, bahkan dicantumkan urutan peringkatnya. Donasi ini juga sekaligus dapat dijadikan perangkat benchmark untuk menentukan kinerja komputer Anda. Jika Anda tertarik, silahkan simak situs http://folding.stanford.edu.


back
top
Best viewed with XHTML1 and CSS2 compliant browser @ 1024x768x32 Misc. Info
Copyright © 2003 - 2005, Bayu Prasetio.